Selasa, 25 November 2014

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Pengertian perusahaan
            Perusahaan merupakan unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
            Ada yang dimaksud dengan istilah perusahaan adalah :“ suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor – faktor produksi , untuk menyediakan barang – barang dan jasa untuk masyarakat , mendistribusikannya serta melakukan upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.“
Contoh dari perusahaan adalah :
·         PT MAYORA
·         TRAVEL AGENT
·         PT HOLCIM INDONESIA
·         PT SANDIVA
·         PT. UNILEVER INDONESIA Tbk
Pengertian Lingkungan Perusahaan
            Lingkungan perusahaan adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas perusahaan dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).
1.        Lingkungan Perusahaan Internal
     Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.  Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
o   Tenaga kerja (Man)
o   Modal (Money)
o   Material / bahan baku (Material)
o   Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
o   Metode (Methods)
     Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
2.      Lingkungan Perusahaan Eksternal
     Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan. Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar). Faktor – faktor yang mempengaruhi :              
·         Kreditor
·         Pesaing
·         Pemerintah
·         Publik
·         Pemasok
·         Konsumen
Contoh Lingkungan Perusahaan :
·         Keadaan alam (SDA, lingkungan)
·         Pelanggan
·         Perantara
·         Pemasok
·         Tenaga kerja
·         Peralatan dan mesin
·         Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
·         Perekonomian

PERBEDAAN PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL
            Perusahaan adalah organisasi yang bertujuan mengoptimalkan pendapatan atau laba (profit) dengan mengolah bahan baku atau sumber daya alam yang ada, jadi sumber pendapatannya berdasarkan tingkat keuntungan dari hasil penjualan produknya.
            Sedangkan Lembaga Sosial adalah organisasi dalam bentuk kesadaran sosial yang dibentuk dan bertujuan untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana organisasi sosial mendapatkan pemasukan atau modal yang berasal dari sumbangan, hibah, atau subsidi dari pemerintah dan dermawan yang menjadi sumber pendapatannya.
            Jadi perbedaan antara perusahaan dan lembaga sosial yaitu jika perusahaan dalam pendiriannya berorientasi pada keuntungan atau profit, artinya perusahaan didirikan untuk menghasilkn laba dan memuaskan masyarakat. Sedangkan lembaga sosial, berorientasi non profit, artinya tidak bertujuan untuk mendapatkan laba.
Contoh Perusahaan :
·         PT. Cosmetic Product Rambaka (kosmetik)
·         PT. Masuya Graha Tri Kencana (produk makanan)
·         PT. McDermott Indonesia (pengeboran dan gas kontraktor)
·         PT. Industri Jamu & Farmasi Sidomuncul (obat herbal)
·         PT. Nutrifood Indonesia (produk makanan)
Contoh dari Lembaga Sosial :
·         Lembaga Swadaya Masyarakt (LSM)
·         Sekolah Negeri
·         Masjid atau tempat ibadah lain
·         Perpustakaan Umum
·         Puskesmas
PERBEDAAN ANTARA LETAK DAN TEMPAT KEDUDUKAN PERUSAHAAN
1.       Letak Perusahaan
                Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.

Letak perusahaan dapat dibedakan menjadi empat :
·         Letak perusahaan yang terikat dengan alam, yaitu perusahaan yang pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku. Seperti perusahaan pertambangan, perkebunan, pertanian, dll.
·         Letak perusahaan yang terikat dengan sejarah, yaitu letak perusahaan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Seperti perusahaan batik, kerajinan, dll.
·         Letak perusahaan ditentukan oleh pemerintah, yaitu letak perusahaan yang ditentukan oleh pemerintah berdasarkan pertimbangan keamanan, politik, kesehatan,dll. Seperti, perusahaan bahan kimia, peternakan, dll.
·         Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, yaitu letak perusahaan yang letaknya ditentukan berdasarkan faktor ekonomi yang mempengaruhinya. Seperti, ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenaga air, ketersediaan modal, ketersediaan tenaga kerja, transportasi, pasar dan kesesuaian iklim.
Contoh  Letak Perusahaan :
a.         PT Freeport terletak di daerah dataran tinggi di kabupaten Mimika provinsi Papua karena di daerah tersebut mengandung bahan baku yang berlimpah seperti tembaga, perak dan emas dan upah untuk tenaga kerja di daerah tersebut masih rendah.

b.         Perusahaan pengrajin batik berada di daerah pekalongan, Surakarta, dan Jogjakarta. Hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam keraton.


2.       Tempat Kedudukan Perusahaan
                Dalam pengertian yang paling umum, tempat kedudukan perusahaan (plant location) adalah letak geografis bangunan, mesin-mesin, dan peralatan-peralatan yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk mengolah barang-barang dan/atau jasa-jasa.
            Tempat kedudukan perusahaan atau pabrik sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan suatu perusahaan. Kegiatan pengolahan menyangkut pengubahan atau penggabungan berbagai jenis sumberdaya untuk menghasilkan barang dan jasa. Berbagai jenis sumberdaya yang dibutuhkan untuk pengolahan tentu saja tidak selalu berada pada, atau berasal dari, satu tempat tertentu saja. Untuk itu diperlukan kegiatan pengangkutan atau pemindahan agar seluruhnya dapat berada pada satu tempat, dan pada waktu yang diinginkan.
Contoh Tempat Kedudukan Perusahaan :
1.      Perusahaan yang akan membangun mall akan menempatkan bangunan mall tersebut di kota-kota besar yang sebagian besar penduduknya memiliki pendapatan yang cukup tinggi sehingga banyak orang yang datang untuk berbelanja di mall tersebut dibandingkan dengan membangun mall di daerah terpencil.
2.      Perusahaan memiliki kantor pusat di kota besar agar mempermudah kelancaran hugungan dengan perusahaan atau lembaga lainnya.

            Jadi perbedaan letak perusahaan dan tempat kedudukan perusahaan terletak pada fungsinya. Tempat kedudukan perusahaan berfungsi sebagai tempat administrasi perusahaan tersebut dan cenderung ke kota-kota besar, sedangkan letak perusahaan berfungsi sebagai tempat mengolah produk (keadaan fisik perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasional).


PERBEDAAN ANTARA LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO PERUSAHAAN DENGAN LINGKUNGAN EKSTERNAL MAKRO PERUSAHAAN DALAM DUNIA USAHA

1.       Lingkungan Eksternal Mikro
            Proses alokasi sumber daya secara efisien di tingkat individu, perusahaan dan industri yang di mana lingkungan ekonomi yang  langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran atau kegiatan usaha.

Contoh Lingkungan Eksternal Mikro :

·           Pemasok/supplier
·           Para Pesaing
·           Pelanggan
·           Perantara
·           Teknologi
·           Pasar

2.    Lingkungan Eksternal Makro
            Menganalisis keseluruhan  kegiatan perekonomian bersifat global dan tidak memperhatikan ekonomi unit kecil yang dimana pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pasar.

Contoh Lingkungan Eksternal Makro :

·           kondisi ekonomi
·           hukum
·           politik
·           peraturan pemerintah
·           sosial dan budaya
·           keadaan alam
·           pendidikan dan kebudayaan
·           hubungan internasional
Contoh Lingkungan Eksternal Mikro :
1.      Inovasi teknologi dapat menimbulkan posisi persaingan baru dalam industri-industri yang berbeda. Contohnya: kemajuan industri mesin fotocopy menimbulkan kesukaran-kesukaran bagi perusahaan-perusahaan yang memproduksi kertas karbon. Karena mesin fotocopy lebih efektif dan efisien sehingga lebih diminati oleh masyarakat.
2.      Dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi yang memunculkan mesin-mesin yang canggih untuk membantu kegiatan perusahaan dapat mempengaruhi kegiatan usaha, misal: perusahaan pembuat roti dapat memproduksi roti dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat karena adanya mesin pencetak roti sehingga dapat memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat.
Contoh Lingkungan Eksternal Makro :
1.      Bila terjadi inflasi di Indonesia akan mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan secara tidak langsung. Karena semua harga barang naik sehingga jumlah konsumen pun menurun dan berakibat menurunkan omset dan profit perusahaan.
2.      Bila sedang musim penghujan perusahaan yang memproduksi payung dan jas hujan akan mengalami kenaikan permintaan produk karena permintaan konsumen yang semakin meningkat akibat musim penghujan.




Referensi :
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR – UMB ,
AGUS ARIJANTO. SE , Pengantar Bisnis .
Handoko,Hani.2013.Manajemen.Yogyakarta:BPFE Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar