Sabtu, 29 November 2014

Manajemen Pemasaran



Manajemen Pemasaran sering disebut juga sebagai Manajemen Permintaan
            Manajemen Pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembelian untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut sebagai Manajemen Permintaan.

Konsep-konsep Inti Pemasaran
·         Kebutuhan adalah suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu.
·         Keinginan adalah yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
                Kebutuhan manusia adalah keadaan manusia di mana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi seseorang. Sedangkan keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial.

Perbedaan Pasar dengan Pemasaran
            Pengertian “pasar” semula adalah tempat di mana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang-barang mereka dan melakukan transaksi atau lebih jelasnya tempat pertemuan pembeli dan penjual. Pengertian pasar menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
            Kebanyakan orang mengatakan permasaran artinya “penjualan” atau “periklanan”. Penjualan atau periklanan hanyalah “the tip of the marketing iceberg”. Penjualan atau periklanan hanyalah salah satu dari berbagai fungsi pemasaran, dan seringkali bukan merupakan bagian terpenting.
            Pemasaran dalam pengertian yang lebih luas adalah semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kita. Dari perspektif bisnis yang lebih sempit pemasaran dapat didefinisikan sebagai sebuah keseluruhan sistem kegiatan bisnis yang dirancang untuk menyediakan sesuatu bagi kelompok, individu, atau organisasi yang memuaskan mereka, guna mencapai tujuan organisasi.

Bauran Pemasaran (marketing mix)
          Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market. Bauran pemasaran merupakan kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain.
Konsep 4 P :
·         Product
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.
·         Place
Merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko dan sasaran pelanggan.
·         Promotion
Merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
·         Price
Strategi penetapan harga terdiri dari 3 strategis, mulai dari “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing”.

            Tujuan pemasaran keempat konsep tersebut harus saling mendukung sehingga keberhasilan di bidang pemasaran diharapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar